Home » Tips Sehat » Bagi Perokok, Belum Terlambat Perbaiki Paru-Paru Anda Sekarang

Bagi Perokok, Belum Terlambat Perbaiki Paru-Paru Anda Sekarang



Paru-paruBerhenti merokok bagi kebanyakan pecandu rokok memang suatu hal yang paling berat. Namun sebenarnya hal itu adalah cara terbaik untuk menyelamatkan paru-paru mereka. Waktu paru-paru bebas dari asap rokok, sel-sel sehat mulai menjalankan fungsinya dengan baik dan regenerasi berjalan. Intinya, jangan putus asa bahwa tidak ada harapan bagi paru-paru yang telah rusak. Pergi ke dokter ahli adalah cara efektif yang paling dianjurkan. Selain itu, menjalankan beberapa aktivitas pendukung juga merupakan hal yang harus diperhatikan, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini:

Makanan Yang Menyehatkan Bagi Paru-Paru

Antioksidan

Ketika seseorang sedang merokok, mereka akan membawa oksidan dan racun ke dalam paru-paru mereka sendiri. Jenis makanan yang baik untuk mengusir racun berbahaya dalam tubuh adalah makanan yang mengandung antioksidan. Kelompok makanan ini terbukti efektif melawan radikal bebas yang merusak paru-paru, serta akan mempercepat perbaikan jaringan paru-paru yang hancur akibat merokok. Contoh makanan yang mengandung antioksidan meliputi tomat, teh hijau, nanas, wortel dan jeruk. Keseluruhannya mengandung antioksidan tinggi yang membantu menghapus efek rokok pada paru-paru.

Sayuran

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang menggunakan sayuran dalam menu harian mereka, cenderung memiliki paru-paru yang sehat. Merokok dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru dikarenakan karsinogen yang ada dalam asap rokok. Para perokok dapat menurunkan tingkat resiko terkena kanker paru-paru jika mereka mengkonsumsi sayuran secara teratur. Sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral akan meningkatkan fungsi organ tubuh dan paru-paru tentunya. Baiknya konsumsi sayuran yang mengandung vitamin A. Karena efek positif dari vitamin A akan mengurangi resiko terkena kanker paru-paru. Vitamin A akan membantu memperbaiki jaringan dan menjaga membran yang akan membantu menyembuhkan paru-paru yang rusak.

Cairan

Salah satu efek jika seseorang sedang merokok adalah sekresi paru-paru akan menebal dan menjadi lengket. Inilah sebab mengapa seorang perokok sering batuk dan mengalami infeksi yang dikarenakan kesulitan eksporasi sekresi. Untuk mengatasinya asupan cairan dalam tubuh ditingkatkan seperti minum jus dan yang paling penting adalah air putih. Cairan yang haus dihindari juga adalah minum alkohol atau minuman terlalu manis yang mengandung kolesterol yang tidak baik bagi kesehatan tubuh dan paru-paru.

Itulah keseluruhan makanan yang harus dikonsumsi untuk memperbaiki paru-paru yang telah rusak. Makanan tersebut pastinya akan membantu memperbaiki paru-paru yang rusak karena rokok, serta akan membuat tubuh Anda sehat tentunya.

Selain makanan ada salah satu kegiatan lagi yang harus dilakukan untuk membuat paru-paru lebih sehat, yaitu dengan latihan.

Latihan Paru-paru

Latihan paru-paru biasanya dilakukan dengan menghirup dan menghembuskan napas dalam-dalam pada interval tertentu, serta menahan napas untuk memperkuat paru-paru, kemudian akan mengeluarkan udara yang memiliki kotoran di paru-paru yang paling dalam. Latihan ini juga berguna untuk meningkatkan kapasitas paru-paru dan menhilangkan tar dari paru-paru.

Pesan buat Anda, rokok memang sebuah pilihan, tapi alangkah baiknya jika berhenti merokok dan hidup sehat karena Anda layak mendapatkannya.




loading...

Artikel terkait Bagi Perokok, Belum Terlambat Perbaiki Paru-Paru Anda Sekarang

cara menyehatkan jantung perokok. cara menyehatkan paru paru. menyehatkan paru paru perokok. menyehatkan paru paru. cara membersihkan paru paru perokok secara alami. cara menyehatkan paru paru perokok. cara menyehatkan paru2.