Home » Penyakit dan Terapi » Bagaimana Menjaga Supaya Amandel Tetap Sehat?

Bagaimana Menjaga Supaya Amandel Tetap Sehat?



Terinfeksinya amandel karena kuman membuat sebagian besar orang melakukan pengangkatan amandel. Supaya amandel tetap sehat, Anda perlu mengetahui beberapa langkah yang perlu dilakukan.

Fungsi dari Amandel adalah untuk memfilter bakteri dan benda-benda asing dari tubuh. Bila kerja dari amandel dapat maksimal, maka perlindungan tubuh terhadap infeksi bakteri dan virus menjadi lebih optimal.

Menurut The University of Texas Medical Branch, bahwa amandel secara teknis merupakan kelenjar getah bening dan terbentuknya pada usia kehamilan 3 bulan. Untuk posisinya sendiri terletak di antara mulut dengan kerongkongan, sampai usia tertentu amandel ini akan mengalami pembesaran secara perlahan.

Pembengkakan akan terjadi bila amandel terinfeksi bakteri atau virus yang sering disebut dengan tonsillitis. Asal dari infeksi ini bisa dari kuman yang terbawa ketika saat bernapas. Operasi pengangkatan akan dilakukan, bila terjadinya peradangan pada amandel sudah dirasa dalam keadaan kronis.

Supaya amandel dalam kondisi yang selalu sehat serta jauh dari bakteri dan virus, Anda dapat melakukan beberapa tindakan untuk mencegah berikut ini:

1. Risiko terkena virus dapat Anda kurangi dengan melakukan aktivitas cuci tangan dengan sabun dan gunakanlah air yang mengalir. Sebelum makan dan sesudah dari wc atau kamar mandi sebaiknya bersihkan tangan dengan sabun, hal ini dilakukan untuk mengurangi masuknya kuman ke tubuh.

2. Sebaiknya gunakanlah peralatan pribadi milik sendiri, seperti gelas, sendok, serta garpu jangan ditukar-tukar dengan anggota keluarga yang lain atau orang lain.

3. Cara menghindari supaya tubuh tidak terserang infeksi yang datang dari luar, usahakan menjauhi orang yang menderita radang tenggorokan.

4. Datanglah ke dokter untuk berkonsultasi bila pada tenggorokan terasa sakit atau di leher terjadi pembengkakan. Secepatnya perlu anda obati infeksi yang terjadi, supaya pada daerah tersebut tidak terjadi kerusakan yang tambah parah.

5. Setelah menderita radang tenggorokan atau terjadinya pembengkakan di amandel sebaiknya mengganti sikat gigi.

6. Konsumsilah air dalam jumlah yang cukup, dan hindarilah jenis makan serta minuman yang pedas, dingin, asam, panas karena dapat menimbulkan iritasi.

Setiap orang mempunyai gejala dari radang amandel yang berbeda-beda. Namun ada gejala yang umum terjadi yaitu terasanya rasa nyeri pada tenggorokan, terjadi demam tinggi, membesarnya amandel dan amandel terlihat lebih merah. â??Pada anak kecil, radang amandel bila tidak diobati dengan baik, dapat menyebabkan radang jantung, bisul di dalam mulut, hingga kematian akibat tidak ditangani secara tepat,â? kata Dr Irwan Effendy yang seorang Spesialis THT RSCM.




loading...

Artikel terkait Bagaimana Menjaga Supaya Amandel Tetap Sehat?

cara menjaga amandel. Tips amandel sehat. tips menjaga makanan untuk yang punya amandel.