Home » Tips Sehat » Bagaimana Cara Mencegah Asam Urat?

Bagaimana Cara Mencegah Asam Urat?



Bagaimana cara agar kadar asam urat tidak meningkat? Bagian yang penting adalah bagaimana caranya mencegah agar asam urat tidak melonjak, pencegahan ini merupakan rencana jangka panjang supaya asam urat tidak melonjak.

Memang secara alami asam urat ini sudah ada dalam tubuh, namun kadarnya dapat meningkat yang disebabkan oleh beberapa hal, antaranya faktor makanan. Menurut situs resmi dari Best Gout Remedies, supaya asam urat tidak meningkat jumlahnya Anda dapat menggunkan beberapa trik berikut ini:

1. Hindari makanan yang banyak mengandung purin

Hindarilah makanan yang mempunyai kandungan purin tinggi. Makanan yang mempunyai kandungan purin rendah, seperti buah-buahan, susu, telur, kentang dll.

2. Kurangi konsumsi minuman beralkohol

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya Anda berhenti total mengkonsumsi alkohol. Minuman beralkohol banyak mengandung purin, terutama bir yang mempunyai kadar purin tinggi. Apabila Anda merasa kesulitan untuk meninggalkan alkohol, sebaiknya kurangilah jumlah konsumsi alkohol Anda. Ada baiknya dalam sehari satu gelas atau dua gelas perhari.

3. Banyak minum air

Lebih baiknya minumlah air putih yang ada kandungan mineralnya atau yang terionisasi. Dalam sehari minumlah 8 sampai 12 gelas. Untuk air alkalin perlu dikurangi konsumsinya dan jangan meminum air yang mengandung baking soda, karena kandungan garamnya terlalu banyak.

Baca juga :   Membersihkan Tungau Penyebab Bersin-Bersin

4. Minum susu dan jus jeruk

Hasil dari beberapa penelitian menunjukan bahwa konsumsi susu dapat menurunkan kandungan asam urat. Konsumsi susu satu gelas sehari sudah dapat membantu menurunkan risiko asam urat bagi Anda yang mempunyai potensi penyakit ini. Asam urat dapat turun hingga 0,25 mg/dL, bila Anda meminum segelas susu. Jus jeruk juga dapat menurunkan kadar asam urat, walaupun tidak sehebat susu.

5. Minum kopi

Beberapa studi menyebutkan bahwa kopi dapat mengurangi risiko seseorang terserang asam urat. Kopi juga berguna untuk mengurangi kadar asam urat bagi mereka yang sudah terserang.

6. Konsumsilah ceri, seledri, stroberi

Buah ceri, seledri, stroberi dapat Anda buat jus atau langsung memakan buahnya. Konsumsilah sesuai selera Anda karena kedua cara tersebut mempunyai komponen yang berguna membrantas asam urat. Pengakuan dari beberapa pasien bahwa, konsumsi buah ceri dapat membuat nyeri karena asam urat langsung hilang. Buah beri berguna untuk pencegahan. Ada beberapa buah beri yang disarankan, seperti stroberi, elderberi, bilberi dan bluberi. Kandungan antioksidan yang ada dalam ke empat buah beri tersebut berguna untuk mencegah asam urat.

Baca juga :   Cara Mendeteksi Kanker Testis Secara Langsung

7. Multivitamin

Konsumsi multivitamin perhari minimal satu tablet. Pilih multivitamin yang paling kuat dan mempunyai banyak kandungan magnesium, kalsium dan zinc. Untuk mereka yang umurnya lebih dari 40 tahun sebaiknya sering mengkonsumsi multivitamin.

8. Menurunkan berat badan

Bila Anda mengalami kegemukan, ada baiknya untuk mengurangi berat badan Anda. Menurunkan berat badan memang sulit dilakukan, tapi ini adalah cara yang baik untuk membantu mencegah asam urat.

9. Minum vitamin C

Sebuah penelitian menyatakan, setiap hari mengkonsumsi vitamin C 500 mg dapat membantu mencegah asam urat.

Yang perlu dilakukan penderita asam urat:

  • Pada saat cuaca dingin sebaiknya menggunakan baju hangat.
  • Perlu mengontrol tekanan darah secara rutin untuk mengetahui level normalnya.
  • Hindari dehidrasi
  • Jangan sampai perut kosong denga kurun waktu yang cukup lama.
  • Olahraga ringan, namun jangan melakukan latihan yang barat.



loading...

Artikel terkait Bagaimana Cara Mencegah Asam Urat?