Asam Urat : Apa Penyebabnya?



Tingkat asam urat (hiperurisemia) adalah konsentrasi yang berlebihan dari asam urat dalam darah Anda. Asam urat adalah sampah yang dihasilkan selama pemecahan purin, zat yang ditemukan dalam banyak makanan. Purin merupakan salah satu komponen asam nukleat yang terdapat pada inti sel semua makhluk hidup.

Dalam tubuh kita terdapat purin, pada makanan yang berasal dari hewan dan tumbuhan seperti daging, jeroan, buah, sayur, kacang juga terdapat purin. Selain itu, dari perusakan sel-sel tubuh yang terjadi baik secara normal ataupun karena penyakit tertentu purin juga bisa dihasilkan. Asam urat biasanya dibawa dalam darah Anda, melewati ginjal dan dikeluarkan dalam urin.

Tingkat asam urat yang tinggi mungkin tidak menyebabkan masalah. Namun, beberapa orang mengalami pembentukan batu asam urat ginjal, atau gagal ginjal karena tingginya kadar asam urat. Sebuah kandungan asam urat yang tinggi dapat muncul sebelum perkembangan tekanan darah yang tinggi, penyakit jantung atau penyakit ginjal kronis. Tapi itu sering tidak jelas apakah tingkat asam urat yang tinggi merupakan penyebab langsung atau hanya tanda peringatan awal dari kondisi ini.

Purin dapat berpindah pada tubuh kita saat kita mengkonsumsi makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup yang di dalamya mengandung purin. Melalui proses metabolisme makanan yang masuk akan diolah oleh tubuh dan menghasilkan asam urat. Jadi setiap orang punya kadar asam urat dalam tubuh. Pada saat kadar asam urat berlebihan, karena purin yang masuk terlalu banyak maka penyakit asam urat ini akan terjadi. Untuk kebutuhan sehari-hari tubuh kita sudah menyediakan 85 % senyawa purin untuk kebutuhan sehari-hari, yang berarti kebutuhan purin dari makanan hanya sekitar 15%.

Dalam kondisi normal, urine dan feses atau (tinja/kotoran) yang dihasilkan asam urat akan dikeluarkan oleh tubuh. Ginjal yang akan mengatur proses pembuangan ini, yang mengatur kestabilan kadar asam urat dalam tubuh. Apabila kadar asam urat yang dihasilkan berlebihan, ginjal akan sulit dan kewalahan untuk mengaturnya sehingga kelebihan kristal asam urat tersebut akan menumpuk pada sendi dan jaringan. Ini adalah sebagai penyebab kenapa persendian kita bengkak dan terasa nyeri.

Proses terjadinya penyakit asam urat:

Secara berlebihan mengonsumsi zat yang mengandung purin. Melalui metabolisme zat purin yang masuk dalam tubuh dalam jumlah banyak, menjadikan penyebab asam urat. Kadar asam urat dalam tubuh meningkat, sehingga ginjal tidak mampu membuang kelebihan asam urat. Di persendian, kristal asam urat yang berlebih menumpuk. Akibatnya pada sendi kita terasa nyeri, kaku, bengkak, meradang dan panas.

Selain dari makanan yang dikonsumsi mengandung purin, konsumsi alkohol juga dapat meningkatkan resiko terkena penyakit asam urat. Adanya konsumsi alkohol yang dapat menyebabkan pembuangan asam urat lewat urine berkurang, sehingga asam urat menumpuk di persendian dan tetap bertahan dalam peredaran darah.

Akibat dari asam urat ini, ginjal juga akan ikut mengalami gangguan. Ada sebuah kasus dari penderita, karena persendian terasa sangat sakit jika bergerak dan mengakibatkan tidak bisa berjalan. Tulang yang ada di sekitar juga bisa keropos atau mengalami pengapuran.




Asam Urat : Apa Penyebabnya? | mysite | 4.5