Home » Info Kesehatan » Apakah Cacar Air Dapat Menyerang Untuk Kedua Kalinya?

Apakah Cacar Air Dapat Menyerang Untuk Kedua Kalinya?



Penyakit cacar air ini merupakan penyakit yang sering diderita oleh anak-anak dan penyebabnya oleh virus VZV (varicella zoster virus). Gejala yang muncul, timbulnya gelembung-gelembung yang di dalamnya berisi cairan. Ada sebuah mitos yang menyebutkan jika sudah terkena cacar air maka tidak akan pernah terserang cacar air lagi. Mitos ini perlu di uji kebenarannya.

Bila Anda sebelumnya sudah pernah mengalami cacar air, maka untuk terkena yang kedua kalinya sangat jarang terjadi. Namun, hal ini dapat kembali muncul ketika daya tahan tubuh sedang turun atau ketika infeksi yang pertama menyerang sangat ringan sehingga dapat muncul untuk serangan yang kedua, walaupun untuk yang kedua dimungkinkan tidak separah yang pertama.

Timbulnya cacar air yang kedua kalinya, karena virus varicella yang ada di dalam tubuh belum hilang, virus ini hanya tertidur pada serabut saraf-saraf  dan dimungkinkan masih bisa muncul kembali walaupun jarang yang berwujud cacar air lagi.

Infeksi kedua yang biasanya terjadi pada orang yang pernah menderita cacar air adalah herpes zoster atau cacar luar. Kejadian ini muncul disebabkan oleh varicella zoster virus, virus ini merupakan virus yang sama ketika cacar air muncul. Namun, virus inilah yang menyebabkan munculnya herpes zoster.

Baca juga :   Kenali Ciri Ciri Gejala Cacar Air Pada Anak Sejak Dini

Bagi mereka yang tidak pernah terserang virus varicella, maka di saat virus ini pertama menyerang akan mengalami gejala cacar air yang kemudian virus ini akan bersembunyi pada tubuh dan menyebabkan kita mempunyai antibody terhadap virus ini. Kembali aktifnya virus ini akan memunculkan gejala yang berbeda dengan varicella zoster virus yaitu herpes zoster. Gejala yang umum terjadi ialah ketika kulit terjadi gesekan dengan sesuatu walaupun terjadi gesekan ringan dengan baju akan mengalami rasa nyeri yang berlebih dan rasa panas seperti terbakar, dan biasanya akan diikuti munculnya gelembung yang di dalamnya berisi cairan mirip seperti cacar air.

Varicella dan herpes zoster memang memiliki suatu hubungan yang sangat unik, menurut teori munculnya herpes zoster ada kaitannya dengan rendahnya sistem imunitas tubuh, namun pada kenyataannya seseorang yang mempunyai sistem daya tahan tubuh yang baik juga dapat terkena herpes zoster. Untuk pasien tersebut, munculnya herpes zoster dikarenakan kadar antibody yang dimiliki varicella zoster virus dan di dalam tubuh terjadi penurunan imunitas seluler yang menyebabkan tidak mampu untuk menghambat virus ini sehingga muncul aktivasi lagi.

Baca juga :   Bath Salt Narkoba ini Membuat Seorang Pemuda Memakan Wajah Tuna Wisma

Virus varicella zoster sebenarnya masuk dalam keluarga virus herpes, yang ada kemiripan dengan virus herpes simplex yang sering menyerang area genital. Jadi Anda tidak perlu pusing dengan munculnya nama herpes

Sekarang sudah dapat terjawab tentang mitos yang mengatakan bahwa cacar air tidak akan menyerang kedua kalinya. Pendapat tersebut tidak benar adanya, walaupun jarang terkena cacar air lagi tetapi cacar air dapat kembali terjadi, baik itu dalam bentuk herpes atau cacar air kembali. Semoga dengan adanya tulisan di atas dapat menambah wawasan kita terhadap cacar air. Salam sehat selalu.




loading...

Artikel terkait Apakah Cacar Air Dapat Menyerang Untuk Kedua Kalinya?

mengapa jika kita pernah terserang cacar air kita tidak terkena penyakit tersebut yang kedua kali. mengapa seseorang yang pernah terkena cacar air jarang menderita penyakit tersebut untuk kedua kalinya. penyebab kena cacar 2 kali. apakah cacar air tidak akan menjangkit?. apakah mungkin kena cacar 2 kali. bila sudah mengalami cacar air bisakah tertular lagi?. cacar air terjadi berapa kali.