Home » Tips Sehat » Wanita » Apa Itu Pilates dan Bagaimana cara Kerjanya?

Apa Itu Pilates dan Bagaimana cara Kerjanya?



pilatesPilates adalah olahraga yang dikembangkan oleh Joseph Pilates pada abad ke 20. Olahraga yang berasal dari jerman ini menekankan pada peningkatan keseimbangan tubuh melalui kekuatan inti, fleksibilitas, dan kesadaran untuk mendukung efisiensi gerakan. Tujuan utama pilates adalah untuk memperbaiki tulang belakang dan mengatasi masalah-masalah yang mungkin ditimbulkannya.

Dengan semakin berkembangnya pilates, orang melakukan latihan ini bukan hanya untuk memperbaiki masalah tulang belakang tetapi juga banyak yang bertujuan sebagai gaya hidup bahkan di beberapa negara, sistem latihan ini cukup populer.

Pilates cukup populer karena mempunyai efektivitas yang baik bagi banyak orang termasuk atlet penari, manula, wanita dalam pemulihan setelah melahirkan dan orang-orang dalam rehabilitasi fisik.

Manfaat lain yang didapat dari pilates adalah peserta menjadi lebih kuat, ramping, memiliki stamina yang lebih baik dan lebih mudah melakukan aktivitas fisik karena meningkatnya kekuatan otot-otot inti dalam tubuh.

Memiliki metode yang fleksibel

Yang membuat orang menyukai pilates adalah karena latihannya sangat fleksibel dan dapat disesuaikan sesuai kondisi seseorang. Modifikasi latihan ini membuatnya lebih menantang bagi setiap orang di tingkat mana pun tetapi tetap aman.

Kekuatan inti

Yang menjadi dasar dari pilates adalah meningkatkan kekuatan inti. Yang dimaksud kekuatan inti adalah penguatan otot-otot internal dalam tubuh seperti otot-otot pungung dan tubuh. Saat kekuatan inti meningkat maka otot-otot ini akan bekerja dengan otot-otot lain yang lebih dangkal untuk melakukan gerakan-gerakan tubuh menjadi lebih baik dan ringan.

Kekuatan inti juga meningkatkan stabilitas dan keseimbangan dalam tubuh. Ini adalah salah satu cara pilates meringankan dan mengatasi masalah nyeri punggung. Jika tulang belakang dalam posisi benar dan stabil maka dapat menahan beban dengan baik sehingga tubuh bisa bergerak dengan efisien dan bebas.

Enam Prinsip Pilates:

Centering, Kontrol, Arus, Nafas, Precision, dan Konsentrasi

Metode Pilates selalu menekankan kualitas daripada kuantitas. Keenam prinsip Pilates diatas adalah faktor utama dalam menentukan kualitas latihan Pilates. dan anda akan menemukan bahwa, tidak seperti kebanyakan sistem latihan, Pilates tidak memberikan banyak pengulangan untuk setiap gerakan. Saat melakukan latihan secara penuh, dengan presisi mungkin akan memberikan hasil yang signifikan dalam waktu singkat dibandingkan repetisi seperti banyak ditemukan pada olahraga lain.

 




loading...

Artikel terkait Apa Itu Pilates dan Bagaimana cara Kerjanya?

Apa itu pilates. pengertian pilates. pilates adalah. arti pilates. apa itu pilates?. pilates itu apa. arti kata pilates.