Alasan Mengapa Harus Berhenti Merokok Mulai dari Sekarang



Alasan berhenti merokoktipskesehatanlengkap.com. Bagi anda yang perokok, bagi sebagian orang kebiasanan merokok merupakan kebiasaan yang susah untuk dihilangkan. Bagi perokok, kenikmatan merokok itu menjadi sebuah kenikmatan tersendiri yang terkadang sulit untuk di hindari ketika dalam sesaat saja orang tersebut tidak merokok.

Namun tahukah anda bahwa merokok sendiri memiliki pengaruh buruk terhadap kesehatan yang menjadi momok mengerikan nantinya di saat klimaks pengaruh negatif rokok tersebut mulai terasa didalam tubuh kita (baca juga: Penyakit yang harus diwaspadai perokok). Untuk itu bagi anda seorang perokok, anda harus mengetahui berbagai alasan mengapa anda harus berhenti merokok mulai dari sekarang sebelum lebih banyak merugikan anda.

Berikut 3 alasan utama anda harus berhenti merokok:

Orang yang tidak merokok memiliki umur yang lebih panjang ketimbang yang merokok

Kalau anda pernah mendengar istilah â??suatu saat rokok akan membunuh kitaâ? maka istilah tersebut sangat tepat sekali. Karena unsur-unsur zat dari rokok tersebut perlahan merusak metabolisme tubuh kita, menyebabkan berbagai penyakit yang kronis dan akhirnya merenggut nyawa kita suatu saat. Penelitian di seluruh dunia telah membuktikan bahwa usia perokok itu lebih pendek dari pada orang yang tidak merokok.

Baca juga :   7 Kiat Sehat untuk Orang Sibuk

Orang perokok memiliki pernafasan yang lebih pendek dari yang tidak perokok

Jika anda melakukan kegiatan berenang bersama teman-teman yang tidak merokok, maka anda akan merasakan pengaruh negatif dari rokok yaitu nafas anda akan lebih pendek dari mereka yang tidak merokok. Ada jeda waktu dimana kita mampu menahan nafas didalam air, ketika saat itu paru-paru kita akan menyimpan berbagai cadangan oksigen yang telah kita hirup sebelumnya. Jika paru-paru anda baik (anda bukan perokok) berarti anda memiliki waktu yang lama untuk menahan nafas. Dibandingkan dengan orang yang perokok, mereka akan tidak sanggup menahan nafas terlalu lama karena paru-paru mereka tidak sanggup menahan cadangan oksigen terlalu lama diakibatkan pengaruh fisik paru-paru yang telah rusak oleh rokok tersebut.

Perokok memiliki daya ingat yang lebih lemah dibandingkan bukan perokok

Jika memulai merokok dari sejak umur anda masih muda, katakanlah sewaktu SMA. Maka diumur 30 tahun daya ingat akan melemah. Nikotin pada rokok juga berpengaruh pada kinerja syaraf pada otak yang mengakibatkan gangguan sel-sel syaraf otak. Beberapa diantara kita bahkan sudah aktif merokok sejak SMP tentunya ini akan berdampak lebih buruk pada daya ingat. Kebanyakan orang perokok disaat tuanya menjadi pikun. Namun semuanya kembali lagi ke daya tahan tubuh masing-masing.

Baca juga :   Tips Mencegah Penyakit Jantung

Nah, jika anda sayang terhadap hidup anda. usahakan untuk mulai berhenti dari kebiasaan buruk tersebut. Memang awalnya sulit, namun dengan adanya keinginan dan tekad yang kuat niscaya akan berhasil.




loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *