Home » Penyakit dan Terapi » 9 Indikasi Seseorang Mengalami Masalah Kelenjar Tiroid

9 Indikasi Seseorang Mengalami Masalah Kelenjar Tiroid



gangguan kelenjat tiroidKelenjar tiroid, merupakan kelenjar yang mengatur metabolisme tubuh, yang terletak di bagian leher, dan berbentuk kupu-kupu. Jadi, jika kelenjar tiroid ini tidak terganggu dan tidak bekerja sebagaimana mestinya, maka kesehatan Anda tentunya ikut terganggu, khusunya akan mempengaruhi energi tubuh kita.

Masalah kesehatan yang bisa terjadi jika kelenjat tiroid terganggu adalah depresi, obesitas, penyakit jantung, rambut mudah rontok, gangguan seksual, dan beberapa masalah kesehatan lainnya.

Untuk mengetahui apakah kelenjar tiroid Anda bermasalah, berikut akan diberikan beberapa gejala yang bisa mengindikasikan kelenjar tiroid seseorang terganggu.

1. Sakit atau nyeri pada bagian otot dan sendi

Masalah kesehatan otot dan sendi seperti rasa lemah pada lengan, bagian kaki, atau, masalah tendon lainnya, bisa saja itu merupakan indikasi seseorang terkena gangguan tiroid.

2. Bengkak atau pembesaran di leher

Pembengkakan atau pembesaran pada bagian leher, suara menjadi serak, atau kelenjar tiroid membesar, bisa saja seseorang yang mengalami keadaan tersebut, kelenjar tiroidnya mengalami masalah. Segera periksakan ke dokter jika mengalami hal tersebut.

3. Perubahan kulit dan rambut.

Jika seseorang mengalami gangguan pada kelenjar tiroidnya, gejala lain yang mungkin terjadi adalah perubahan kulit dan rambut. Pada kulit, akan berubah menjadi lebih kasar, berasa tebal, bersisik dan kering. Sedangkan perubahan pada rambut, seperti mengalami rontok, mudah patah dan jatuh.

4. Mengalami Gangguan usus.

Gangguan usus yang bisa terjadi akibat kelnjar tiroid terganggu adalah sembelit parah.

5. Terjadi masalah pada kesuburan dan perubahan waktu menstruasi

Jika ada seseorang yang mengalami masalah pada kelenjar tiroidnya, bisa saja pola atau waktu menstruasi akan berubah. Misal saja, penderita akan jarang mengalami menstruasi.

6. Riwayat Keluarga.

Riwayat keluarga seseorang, juga sangat mempengaruhi. Dan hal itu membuat peluang seseorang untuk terkena gangguan kesehatan akibat rusaknya kelenjar tiroid semakin besar.

7. Masalah Kolesterol

Kadar kolesterol dalam tubuh, sangat berpengaruh terhadap kesehatan kelenjar tiroid seseorang. Jika seseorang tersebut kelebihan kadar kolesterol, bisa saja nanti terindikasikan terkena hipotiroidisme. Dan kemudian jika kadar kolesterol seseorang itu tergolong sangat rendah mungkin merupakan tanda dari hipertiroidisme.

8. Depresi dan Kecemasan.

Rasa depresi dan panik, atau secara tak terduga mengalami ras cemas, bisa menjadi indikasi seseorang terkena gangguan kelenjar tiroid. Jenis gangguan kelenjar tiroid yang berhubungan dengan depresi ini biasanya adalah jenis gangguan kelenjar tiroid yang Hypothyroidism.

9. Perubahan Berat Badan

Jika Anda sudah melakukan program diet ketat, atau sudah melakukan olahraga ketat dan mengikuti program penurunan berat badan, tapi hasilnya tidak ada, bisa saja Anda terkena hipotiroidisme. Perubahan berat badan yang tidak normal pada tubuh, bisa menjadi tanda seseorang mengalami masalah kelenjar tiroid.

Itulah beberapa masalah yang bisa terjadi, akibat gangguan kelenjar tiroid, jika Anda mengalami hal yang demikian, segera periksa ke dokter untuk segera mendapat penanganan.




loading...

Artikel terkait 9 Indikasi Seseorang Mengalami Masalah Kelenjar Tiroid

ciri tiroid bermasalah. tanda kelenjar tiroid bermasalah. ciri kelenjar tiroid bermasalah. ciri ciri tiroid. gejala tiroid bermasalah. ciri teroid. ciri kelenjar tiroid.