9 Hal yang Mengurangi Nyeri Haid



nyeri haidSementara banyak wanita merasakan nyeri tumpul dengan intensitas ringan, banyak juga wanita merasakan nyeri haid yang menyakitkan bahkan banyak yang hingga mengganggu kegiatan yang sedang dilakukan. Prevalensi nyeri haid pada remaja dan dewasa muda sangat tinggi yakni mencapai 93 persen dengan rasa sakit yang ringan sampai yang berat.

Remaja usia sekolah kadang tidak masuk sekolah atau pulang lebih awal karena nyeri haid yang dideritanya.

Sebelum membahas cara mengurangi nyeri haid ada baiknya kita pahami terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab nyeri haid.

Lapisan dalam rahim secara periodik akan menebal untuk mempersiapkan agar sel telur yang telah dibuahi oleh sperma dapat berimplantasi dalam rahim. Apabila tidak ada sel telur yang dibuahi maka hormon yang disebut prostaglandin akan mendorong lapisan rahim yang menebal ini keluar. Prostaglandin adalah hormon yang sama untuk membantu mendorong bayi keluar pada saat melahirkan.

Beberapa dari kita memiliki konsentrasi hormon yang kuat sehingga menimbulkan dorongan yang kuat pula pada saat haid. Ditambah dengan kurangnya aliran darah ke rahim menyebabkan kram otot. Dalam istilah medis keadaan ini disebut sebagai Dismenorea

Baca juga :   Cantik dengan Bedah Plastik

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu mengurangi nyeri haid

  • Tetap lakukan dan biasakan olahraga ringan secara teratur terutama pada saat kram atau nyeri haid menyerang.
  • Pakai pakaian yang longgar pada bagian bawah tubuh. Hindari ikat pinggang dan celana ketat.
  • Mandi dengan air hangat untuk mengendurkan otot-otot yang menegang.
  • Jika setelah mandi air hangat rasa sakit masih kuat, tempatkan botol atau kantong yang berisi air hangat di perut.
  • Minum minuman hangat, untuk sementara hindari minuman dingin.
  • Alihkan rasa sakit dengan sesuatu yang menarik perhatian anda misalnyaa dengan membaca buku favorit, menonton film, chatting di facebook, mendengarkan musik dan kegiatan-kegiatan lain yang disukai.
  • Hindari kafein dan daging merah karena beberapa orang merasakan bahwa makanan dan minuman tersebut dapat membuat rasa sakit semakin bertambah.
  • Tambahkan kalsium dalam diet anda. Kalsium dalam dosis tinggi dapat mengurangi kram otot haid. Sumber kalsium yang mudah didapatkan adalah susu tetapi kalau tidak suka susu atau intoleransi lakstosa bisa diganti dengan yoghurt atau suplemen kalsium.
  • Rasa kembung pada saat haid biasa terjadi, itu karena retensi air di dalam tubuh. Untuk mengurangi rasa kembung ini kurangi asupan garam beberapa hari sebelum haid.
Baca juga :   Wanita Muda Bisa Juga Terkena Osteoporosis

Kalau setelah banyak cara mengurangi nyeri haid telah dilakukan tetapi rasa sakitnya tidak berkurang secara signifikan lebih baik mengunjungi dokter untuk mendapatkan resep, saran khusus tentang kondisi yang sedang dialami dan menyingkirkan kemungkinan adanya penyakit.




loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *