Home » Tips Sehat » 8 Tips Kesehatan Tubuh

8 Tips Kesehatan Tubuh



tips kesehatan tubuhInti dari kesehatan tubuh adalah keseimbangan antara masukan dan kebutuhan tubuh serat tekanan dan istirahat. Ketidak seimbangan akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan meskipun kadang kala ada beberapa hal yang tidak dapat kita kontrol.

Kesehatan merupakan salah satu anugerah terbesar dalam hidup sehingga sudah seharusnya kita jaga. Saat sakit kita kehilangan kemampuan untuk beraktifitas seperti biasanya.

Kegagalan salah satu fungsi organ, misalnya ginjal memerlukan biaya yang sangat besar untuk cuci darah sebagai pengganti fungsi ginjal. Orang yang tadinya secara finansial mampu bisa menjadi miskin saat kesehatannya terganggu. Kesakitan yang diderita dan biaya pengobatan yang tinggi seharusnya bisa mengingatkan kita betapa pentingnya menjaga kesehatan.

Berikut ini beberapa tips kesehatan tubuh yang dapat diterapkan untuk menjaga kesehatan:

1. Makan makanan sehat dan bernutrisi tinggi

Makanan dan minuman yang kita konsumsi sangat menentukan performa tubuh. Perhatikan apa yang anda makan, kurangi sesedikit mungkin bahan kimia yang masuk dalam tubuh. Berikan variasi pada makanan anda dengan seperti lauk, sayuran dan buah yang berbeda setiap harinya. Jika diperlukan konsumsi nutrisi tambahan dari suplemen makanan dan herbal untuk mendukung kesehatan tubuh anda.

2. Istirahat yang cukup dan berkualitas

Orang dewasa rata-rata perlu 6-8 jam tidur malam setiap harinya. Setiap orang mempunyai kebutuhan tidur yang berbeda-beda tergantung kondisi tubuhnya. Cara untuk mengetahui bahwa tidur anda sudah cukup atau belum adalah jika badan sudah segar dipagi hari berarti sudah cukup tidur. Duduk santai atau tidur siang juga bisa dilakukan kalau siang hari sudah merasa lelah. Tetapi terlalu banyak tidur juga membawa dampak buruk yang tidak kalah banyak dengan kurang tidur. Jika anda punya masalah tidur dalam jangka waktu panjang kunjungi dokter atau psikiater untuk mengatasinya.

Baca juga :   5 Jenis Obat Jerawat Alami

3. Olahraga fisik

Banyak bergerak untuk melatih kelenturan, kekuatan dan kecepatan adalah salah satu tips kesehatan tubuh yang sudah terbukti menjaga dan meningkatkan kesehatan. Orang yang bugar cenderung berumur lebih panjang dan dengan lebih sedikit sakit.

4. Olahraga mental

Tidak hanya fisik yang perlu latihan, mental juga perlu dilatih agar tetap tajam dan mampu melakukan fungsinya secara maksimal. Caranya adalah dengan rutin melakukan aktifitas mental seperti melakukan atau belajar sesuatu yang baru.

5. Fokus pada masa sekarang

Ada orang yang hidup dimasa lalu dimana kegagalan dan trauma masa lalu menghambatnya untuk maju namun ada juga orang yang terlalu mengkhawatirkan sesuatu yang belum terjadi, mereka takut melakukan kesalahan atau sesuatu berjalan tidak sesuai dengan keinginan mereka. Jangan takut melakukan kesalahan karena pada dasarnya melakukan kesalahan merupakan sesuatu yang wajar dan kita banyak belajar dari kesalahan. Ada pepatah yang mengatakan bahwa sukses merupakan guru yang paling buruk.Fokuslah pada masa sekarang, lakukan yang terbaik yang bisa anda lakukan sekarang.

6. Kelilingi diri anda dengan lingkungan sosial yang baik.

Lingkungan sosial sangat mempengaruhi perilaku seseorang baik atau buruk. Kelilingi diri anda dengan orang-orang yang baik. Jika saat ini lingkungan sosial anda kurang baik cobalah untuk mulai dengan memilih orang-orang yang positif, perhatian, mencintai, mendukung dan menghargai anda. Kita juga perlu secara aktif berusaha merubah linkungan yang sekarang tempati menjadi lebih positif dan saling menguntungkan.

Baca juga :   Tips Sederhana Bagi Penderita Insomnia

7. Sering senyum, bercanda dan tertawa

Penelitian menunjukan bahwa tertawa dapat menjaga kesehatan dan mempercepat penyembuhan orang yang sakit. Lebih banyaklah bersenang-senang, cari kegembiraan, bercanda dan tertawa namun tetap perlu memperhatikan situasi dan kondisi.

8. Jaga agar pikiran tetap positif

Kita adalah manifestasi dari pikiran. Jika pikiran lebih banyak negatif maka kita memiliki mental, perkataan, perbuatan dan tubuh yang lemah sebaliknya apabila pikiran kita positif maka semua hal tentang kita akan lebih positif bahkan bisa mempengaruhi orang-orang sekitar untuk lebih positif. Jaga dan awasi agar kata-kata dalam pikiran (self thought) tetap positif, jika anda mendapati pikiran anda negatif segera rubah menjadi pikiran positif dan kembalikan ke jalur yang lebih membangun.

Jika anda merasa tips kesehatan tubuh ini berguna bagikan pada orang-orang disekitar anda supaya mereka juga bisa merasakan manfaat positif dari gaya hidup sehat yang seimbang.




loading...

Artikel terkait 8 Tips Kesehatan Tubuh