Home » Penyakit dan Terapi » 8 Hal Yang Dapat Mengurangi Gejala Maag – Gastritis

8 Hal Yang Dapat Mengurangi Gejala Maag – Gastritis



sakit maagGastritis atau yang biasa disebut sebagai maag adalah penyakit yang biasa dimiliki oleh orang yang memiliki kebiasaan makan yang tidak baik seperti misalnya waktu makan tidak teratur, suka memakan makanan yang dapat mengiritasi lambung atau bisa juga karena infeksi bakteri dan kontribusi faktor psikologis.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa mengurangi gejala maag:

1. Pengaturan waktu  makan

ini hal yang hampir semua orang sudah mengetahuinya dan hal itu baik karena ini adalah salah satu yang terpenting dalam terapi maag. Biasakan Makan tepat waktu pagi, siang, dan malam. Bisa juga makan camilan sehat dalam porsi kecil diantara jam makan utama.

2. Dalam memilih makanan juga sebaiknya menghindari makanan yang asam, berminyak, kafein, pedas, dan alkohol. Sedangkan makanan yang harus dihindari karena mengandung banyak gas diantaranya lemak sapi/domba , buah nangka, kedondong, kol, sawi, minuman yang mengandung soda dan buah kering.

3. Makan dalam porsi kecil-kecil dan sedikit lebih lambat. Makan banyak makanan dalam porsi besar dan cepat dapat menyebabkan kenaikan produksi asam lambung dalam jumlah besar pula dan ini tentunya merugikan lambung.

4. Konsumsi makanan yang bersifat melindungi lambung seperti jus cranberry, madu, yoghurt dengan kultur bakteri aktif, lemak ikan, dan pisang.

5. Kelola stress dengan baik. Berpikirlah positif dan jangan lupa untuk pergi berlibur atau sekedar jalan-jalan bersama orang-orang terdekat ntuk menghilangkan ketegangan. Bersenang-senang itu perlu bahkan penting selama dalam batas wajar

6. Jika anda menggunakan obat-obatan obat anti inflamasi non steroid (NSAID) sebaiknya diminum setelah makan dan segera konsultasikan kondisi lambung anda pada dokter yang meresepkan obat tersebut.

7. Selalu bawa obat maag kemanapun untuk mengatasi sakit lambung disaat-saat tidak terduga karena sakit maag yang ditahan terlalu lama akan semakin memperburuk keadaannya.

8. Berhenti merokok karena seperti halnya alkohol, rokok juga menipiskan lapisan lendir di lambung yang berfungsi untuk melindungi lambung dari asam diproduksinya.

9. Dan terakhir untuk pencegahan dari bakteri H.Pylori, cuci tangan dengan baik sebelum dan sesudah makan serta setelah dari toilet.

 




loading...

Artikel terkait 8 Hal Yang Dapat Mengurangi Gejala Maag – Gastritis

manfaat yakult. manfaat yakult untuk maag. bolehkah penderita maag minum yakult. sakit maag boleh minum yakult. khasiat yakult. yakult untuk asam lambung. pengaruh minum yakult di waktu sakit maag.