Home » Tips Sehat » 7 Tips Untuk Mengatasi Migrain Kronis

7 Tips Untuk Mengatasi Migrain Kronis



Mengatasi Migrain KronisMigrain kronis adalah sakit kepala yang menyerang penderitanya, yang terjadi lebih dari 15 hari setiap bulannya. Migrain termasuk salah satu penyakit neurologis. Penting untuk diketahui bahwa migrain kronis berasal dari faktor fisik, bukan psikologis. Gejala penyakit ini adalah sakit kepala, penglihatan kabur, pusing, mual dan muntah, sensitif terhadap cahaya, dan bau.

Migrain kronis biasanya dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan keturunan. Memiliki anggota keluarga yang menderita jenis migrain tertentu dapat menunjukkan disposisi genetik, hal itu akan membuat keturunan rentan terkena sakit kepala.

Sakit kepala bisa dipicu oleh faktor lingkungan atau diri sendiri, misal depresi, kekurangan magnesium, konsumsi kafein, pola tidur, atau karena kekurangan gizi yang dapat menyebabkan sakit kepala.

Berikut ini akan ditampilkan beberapa tips yang dapat menghindarkan Anda dari migrain kronis, atau yang sudah mengalaminya, juga bisa digunakan sebagai acuan, agar migrain kronisnya tidak kambuh.

Latihan Aerobik. Olahraga aerobik dapat membantu menghilangkan stres, yang merupakan salah satu penyebab dari migrain. Disarankan agar mengambil olahraga ini setiap minggunya 3 kali seminggu, dengan durasi antara 30 sampai 40 menit setiap latihannya. Olahraga aerobik ini sangat penting jika Anda ingin sembuh dari migrain kronis.

Baca juga :   Asupan Vitamin D Yang Baik Untuk Anak

Melakukan Latihan Relaksasi. Seperti yang dijelaskan diatas, bahwa depresi merupakan salah satu penyebab umum sakit kepala, dan salah satu cara untuk managemen stres adalah dengan melakukan terapi relaksasi. Jenis relaksasi yang bisa digunakan adalah relaksasi progresif, misal yoga, beribadah atau meditasi, yang semuanya sama-sama diyakini sangat efektif menangkal stres.

Mengatur jadwal tidur yang teratur. Jangan menyepelekan masalah tidur, karena jika kurang tidur, maka sakit kepala akan terjadi lebih cepat. Atau juga, tidur berlebihan juga tidak baik, dan sama halnya akan menimbulkan sakit kepala. Membiasakan dari sekarang untuk menyusun jadwal tidur teratur adalah salah satu hal yang harus dilakukan. Misal saja, pergi tidur kurang lebihnya sama setiap malam, dan bangun tidur pun juga sama. Kegiatan tersebut sangat efektif untuk mengurangi resiko terkena migrain kronis.

Konsumsi Suplemen Magnesium. Jika kekurangan magnesium, maka sakit kepala migrain juga bisa terjadi. Selain migrain, kekurangan magnesium ini juga ditandai dengan tangan dan kaki menjadi dingin, kram otot pada kaki, atau bagi wanita terjadi sindrom pramenstruasi. Disarankan agar konsumsi magnesium harian Anda dengan 400 mg sehari.

Baca juga :   Tips Alami Merawat Kulit Anda

Hindari Makanan Pemicu Migrain. Jika mengkonsumsi alkohol atau beberapa gelas anggur bisa jadi akan berakibat sakit kepala, maka anggur adalah salah satu pemicu makanan Anda. Selain itu juga bagi penderita sakit kepala hindari coklat, MSG (monosodium glutamat), pengawet makanan, dan pengganti gula.

Hindari Kafein. Kafein adalah salah satu penyebab migrain. Hindari pemakaiannya jika Anda menderita sakit kepala.

Konsumsi Suplemen. Ada bebrapa suplemen yang bisa digunakan untuk mengatasi migrain kronis yaitu CoQ10 (300 mg), feverfew, riboflavin (vitamin B2), vitamin B12, jahe dan yang terakhir adalah minyak ikan.




loading...

Artikel terkait 7 Tips Untuk Mengatasi Migrain Kronis

Migrain kronis. Migren kronis. obat migrain kronis. obat migren kronis. cara mengobati migrain kronis. cara mengatasi migrain kronis. migran kronis.