Home » Wanita » 7 Tahapan Perkembangan Janin

7 Tahapan Perkembangan Janin



Selama 42 minggu masa kehamilan, janin akan melewati 7 tahapan perkembangan. Ibu akan banyak mengalami perkembangan selama 42 minggu, salah satunya perubahan bentuk tubuhnya. Selama 2 minggu pertama perkembangan bayi dari saat terjadi pembuahan akan banyak terbentuk fitur permanen.

Zigot

Setelah terjadi pembuahan, pada saat sperma membuahi sel telur akan terjadi pembentukan bayi sebagai sel tunggal atau zigot. Zigot merupakan mikroskopis yang di dalamnya berisi blueprint atau informasi seluruh DNA tentang susunan sel anak. Menurut MedlinePlus, ini merupakan tahapan pertama dari perkembangan janin.

Bagian Sel

Tahapan berikutnya untuk perkembangan janin adalah blastokista. Dalam tahap ini, zigot kecil akan mulai membelah lagi, terjadi pembentukan struktur baru serta membrane pelindung, ini berfungsi untuk menutupi dirinya. Ketika menginjak hari keenam, blastokista akan memasuki rahim dan implant, disini terjadi lagi perkembangan bayi.

Embrio

Setelah blastokista ditanamkan dalam Rahim, maka bagian sel baru saja muncul. Fungsi dari rahim adalah untuk memelihara bayi kecil atau disebut dengan embrio. Embrio akan terus membagi dirinya yang dapat dibedakan dari fitur luarnya. Menurut MedlinePlus, perkembangan embrio adalah tahapan trimester pertama.

Baca juga :   Tips Memilih Bra yang Sehat

Periode Kehamilan

Periode kehamilan akan terjadi pada minggu ke dua sampai minggu ke delapan setelah pembuahan, selama waktu berjalan akan terjadi perkembangan organ pada bayi. Fitur bayi menjadi dapat didefinisikan serta dikenali. Kelopak mata dan tulang belakang kecil akan terbentuk. Jari tangan dan kaki akan mengalami perkembangan. Selama pada tahap ini akan terbentuk beberapa fitur wajah. Selain itu, sistem pencernaan juga mulai terbentuk, contohnya usus.

Periode Embrionik

Periode ini akan terjadi di akhir minggu ke delapan periode kehamilan. Bayi mempunyai kemampuan untuk meninju dan matanya masih tetap tertutup sampai minggu ke 28 masa perkembangan bayi. Selama dalam tahapan ini, tulang bayi mulai menjadi lebih keras. Di dalam rahim, bayi mulai dapat bergerak dan mendengar. Di dalam titik ini, tahapan embrio sudah mulai pada trimester kedua.

Trimester Kedua

Menurut MedlinePlus, awal tahapan trimester kedua akan terjadi selama minggu ke 26. Bayi akan terus berkembang dan ibu hami akan mengalami perubahan pada penampilannya. Bayi mulai berkembang lebih besar dan mengakibatkan perut ibu menjadi buncit. Pada tahap ini, dokter sudah dapat mendengarkan detak jantung bayi menggunakan stetoskop. Seorang ibu juga bisa merasakan tendangan bayi pada rahimnya. Bayi menjadi lebih aktif selama tahap perkembangan.

Baca juga :   Tips Cara Cepat Hamil Dalam Waktu Satu Bulan Secara Alami

Trimester Ketiga

Ketika menginjak minggu ke 28 masa perkembangan, bayi sudah mempunyai kemampuan untuk membuka matanya, jelas MedlinePlus. Proses ini terjadi ketika memasuki trimester terakhir perkembangan bayi di dalam rahim ibu. Saat ini usia bayi lebih dari 6 bulan. Sepanjang 42 minggu, bayi akan terus tumbuh. Sistem utama bayi akan terbentuk dan siap untuk dilahirkan.




loading...

Artikel terkait 7 Tahapan Perkembangan Janin