7 Manfaat Buah Blackberry Untuk Kesehatan



blackberrySaat mendengar kata â??Blackberryâ? yang terpikirkan adalah sebuah handphone yang canggih. Yang akan dibahas dalam tulisan ini bukanlah handphone dengan merk Blackberry melainkan buah, buah blackberry. Buah blackberry atau disebut juga dengan black raspberry adalah buah beri yang berwarna hitam. Buah ini banyak ditemukan sangat di bagian timur Amerika Utara dan pantai Pasifik, kepulauan Inggris, serta Eropa Barat. Disamping rasanya yang enak. Buah ini juga mengandung nutrisi yang bermaanfaat bagi kesehatan.

Dalam blackberry kaya akan ekstrak  anthrocyanin, flavonoid, dan senyawa fenol. Blackberry mempunyai kemampuan untuk menyerap radikal oksigen (ORAC) , melawan radikal perosokil, superoksida, hidrogen peroksida, radikal hidroksil, dan singlet oksigen.

Berikut ini adalah manfaat buah blackberry yang baik untuk kesehatan.

  1. Memperkuat daya tahan. Vitamin C memiliki fungsi yang sangat penting untuk tubuh.Kandungan vitamin C dalam Blackberry 2 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan blueberry Menurut Ursula Arens, pakar nutrisi senior dari Inggris, vitamin C memiliki fungsi penting dalam tubuh. Vitamin C baik untuk sistem kekebalan tubuh dan untuk kesehatan jantung serta membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, vitamin C juga dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan lain yang dimakan pada saat bersamaan sehingga dapat mengurangi risiko anemia.
  2. Kesehatan pencernaan. Blackberry adalah buah satu buah yang sangat tinggi serat dibandingkan dengan buah lain.  Kebutuhan serat dibutuhkan untuk membantu fungsi usus dengan baik dan membantu mempertahankan berat badan yang sehat. Di samping  itu, blackberry juga dapat meningkatkan kesehatan dengan membantu menurunkan kolesterol..
  3. Menyembuhkan luka. Buah blackberry kaya akan senyawa tanin yang berfungsi untuk menyembuhkan luka. Dengan  mengoleskan buah beri pada kulit yang terluka dapat mengencangkan jaringan sehingga membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi perdarahan.
  4. Mencegah kanker dan tumor. Blackberry mengandung senyawa pigmen (anthocyanin) yang bersifat antioksidan. Blackberry mengandung senyawa kimia C3G, atau biasa dikenal sebagai flavonoid, yang dapat melawan kanker kulit dan kanker paru-paru. Selain itu, anthocyanin dapat menghambat pertumbuhan sel tumor.
  5. Melindungi mata. Blackberry kaya akan lutein yang dapat melindungi mata dari pembentukan pigmen makul, yang merupakan daerah paling sensitif terhadap cahaya dan terletak di belakang retina. Selain itu, lutein dapat mencegah kerusakan mata yang disebabkan oleh radiasi ultraviolet.
  6. Menguatkan tulang. Di dalam blackberry kaya akan mangan. Mangan adalah sumber mineral yang baik untuk membantu membentuk jaringan ikat tubuh dan membangun struktur tulang yang kuat.
  7. Meningkatkan pertumbuhan sel. Blackberry adalah sumber vitamin B9 atau asam folat. Asam folat mempunyai  peranan  penting dalam pembelahan dan pertumbuhan sel sehat. Untuk wanita hamil dianjurkan mengonsumsi buah ini untuk mengurangi risiko bayi lahir cacat.
Baca juga :   Bagaimana Cara Menggemukan Badan Anak yang Kurus?

Manfaat blackberry untuk kesehatan akan terlihat jika dikonsumsi secara teratur seperti halnya manfaat buah blueberry.




loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *