7 Makanan dan Minuman Yang Baik Untuk Kesehatan Gigi dan Gusi



gigi sehatSetiap orang pasti menginginkan gigi yang putih bersih, kuat dan jauh dari karies. Banyak cara untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi selain sikat gigi, berkumur dan menggunakan benang gigi, salah satunya adalah dengan diet yang mengandung nutrisi yang membuat gigi dan gizi kuat. Berikut ini adalah beberapa makanan yang baik untuk gigi dan gusi

1. Gandum Utuh

Gandum utuh seperti oatmeal dan cornflakes lebih baik nilai nutrisinya dibandingkan dengan makanan yang dibuat dari gandum olahan seperti biskuit, roti, pasta, mie dan produk yang terbuat dari tepung putih lainnya. Makanan dari Gandum olahan mengandung karbohidrat yang difermentasikan dapat menimbulkan asam dalam rongga mulut. Asam ini bersifat merusak gigi.

2. Makanan Pelindung

Karies gigi dapat dikurangi dengan memakan makanan pelindung. Apa saja makanan yang dapat mengurangi karies gigi? Semua makanan yang mengandung fosfor dan kalsium dapat dikategorikan makanan pelindung, misalnya kacang-kacangan. Makanan itu membentuk lapisan pelindung pada email gigi dan mengurangi produksi asam yang diproduksi bakteri.

Baca juga :   Mengenal Berbagai Jenis Vitamin B dan Sumbernya

3. Sayuran dan buah

sayuran dan buah-buahan mengandung banyak serat sehingga memerlukan banyak kunyahan supaya nyaman ditelan. Hal ini berpengaruh terhadap produksi kelenjar ludah yang salah satu manfaatnya untuk melindungi rongga mulut.

4. Susu dan Produk turunannya.

Susu dan produk turunannya seperti keju dan yoghurt mengandung banyak kalsium yang merupakan bahan utama pembangun tulang dan gigi. Minum susu satu atau dua gelas setiap hari sangat baik untuk kekuatan gigi. Disarankan untuk mengkonsumsi susu rendah lemak atau tanpa lemak supaya tidak meningkatkan berat badan dan kolesterol.

5. Daging, Ikan, Unggas dan Telur

Daging kaya akan protein, zat besi, fosfor, kalsium dan vitamin D. Berbagai nutrisi tersebut berkolaborasi untuk membentuk tulang dan gigi yang kuat dan gusi yang sehat. Selain daging, vegetarian dapat memilih alternatif seperti lentil, biji-bijian, tahu, kacang-kacangan, dan sayuran pengganti lainnya.

6. Teh hijau

Teh hijau banyak mengandung polifenol, antioksidan senyawa yang mencegah plak menempel di gigi dan membantu mengurangi kemungkinan untuk mengembangkan gigi berlubang dan penyakit gusi. Teh juga memiliki potensi untuk mengurangi bau mulut karena menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau. Teh hijau juga mengandung fluoride, yang membantu melindungi email gigi dari proses pembusukan makanan karena bakteri dan meningkatkan kesehatan gigi.

Baca juga :   Manfaat Pektin Apel Bagi Kesehatan

7. Air Putih

Air tidak hanya membersihkan mulut, tetapi juga merangsang pembentukan air liur yang berfungsi melawan bakteri. Air minum membuat gusi terhidrasi dan membantu membersihkan partikel makanan yang terperangkap di mulut dan penyebab bau mulut.




loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *