Home » Penyakit dan Terapi » 7 Cara Meringankan Rasa Sakit

7 Cara Meringankan Rasa Sakit



Rasa sakit di dalam tubuh biasanya berhubungan dengan peradangan, kondisi penyakit tertentu ataupun kondisi fisiologis (normal) dalam tubuh. Berbagai berbagai terapi dan pengobatan yang berkembang juga bervariasi. mulai dari yang sederhana sampai dengan yang kompleks dan berbiaya mahal.

Di bawah ini beberapa cara yang terbukti untuk menghilangkan rasa sakit dengan intensitas ringan sampai menengah. Tetapi beberapa jenis rasa sakit mungkin tidak cocok semua metode yang disebutkan di bawah. seperti sakit radang sendi karena lebih dianjurkan untuk beristirahat dan tidak melakukan aktivitas fisik. berikut adalah 7 cara untuk menghilangkan nyeri

1. Relaksasi

relaksasi untuk mengurangi rasa sakitRelaksasi adalah cara cepat dan mudah untuk mengurangi hampir semua jenis rasa sakit. relaksasi bekerja menurunkan rasa nyeri dengan mengurangi ketegangan otot. Ini dapat membantu anda mengurangi kelelahan, tidur, mengurangi kecemasan, memberikan anda lebih banyak energi, dan jika dikombinasikan dengan membuat metode pengurang nyeri lainnya akan bekerja lebih baik.

Untuk mencapai keadaan relaks, setiap orang mungkin membutuhkan waktu yang berbeda. semakin banyak Anda berlatih semakin mudah untuk relaksasi.

Kita bisa memulai sesi relaksasi dengan melakukan peregangan (streching). Ciptakan suasana yang nyaman seperti tempat tidur atau tempat duduk yang nyaman. menggunakan aromaterapi atau wangi-wangian yang anda suka juga dapat membantu. Tempatkan diri anda senyaman mungkin, duduk atau berbaring dengan punggung lurus. Rilekskan semua otot, pikirkan suasana yang nyaman, tenang atau damai untuk beberapa menit.

Bernapaslah perlahan, dalam dan senyaman mungkin. Jaga irama pernapasan agar tetap dalam dan lambat.

2. Berendam dengan air yang mengandung garam magnesium

berendam untuk mengurangi rasa sakitKekurangan magnesium dalam tubuh dapat memicu otot untuk berkontraksi. Kontraksi otot inilah yang menjadi penyebab atau yang memperburuk rasa sakit yang sudah ada. Di Amerika hampir 65 persen orang kekurangan magnesium akibat makan lebih banyak makanan olahan.

Makanan yang banyak mengandung magnesium diantaranya adalah pisang, alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan kedelai. Mineral juga dapat diserap melalui kulit, dan garam Epsom juga terdiri dari magnesium sulfat.

Kita bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan magnesium salah satunya dengan menambahkan 2 cangkir garam Epsom untuk mandi dan berendam selama minimal 12 menit beberapa kali seminggu.

3. Oleskan gel topikal

gel topikal untuk mengurangi rasa sakitGel topikal dapat meringankan rasa sakit dengan membantu untuk membunuh ujung saraf dan meningkatkan aliran darah ke daerah tersebut untuk penyembuhan lebih cepat. Para mentol bahan aktif, Capsaicin, Counterirritants, kamper, salisilat, dan vegetasi dapat membantu mendinginkan blok sensor serat nyeri atau dengan mengirim sinyal ke otak untuk mengurangi rasa sakit segera.

beberapa ahli menyatakan dalam penelitiannya bahwa pereda nyeri topikal tidak dapat meredakan nyeri otot. tetapi diluar itu para atlet masih menggunakannya untuk meringankan rasa sakit.

4. Akupresur

Nyeri otot adalah jenis yang paling umum dari rasa sakit yang dialami oleh seseorang. Tender dan marble size knots di otot disebut sebagai titik picu. Titik tersebut memicu banyak rasa sakit sesuai dengan titik-titik akupresur yang digunakan dalam perawatan seperti akupunktur atau pijat olahraga.

Pada titik pemicu bertekanan cukup untuk melihat tanda-tanda putih jari-jari dan tahan selama paling sedikit 45 detik. Hal ini akan menyebabkan nyeri pada awalnya, tapi dengan cara yang dapat meningkatkan aliran energi untuk membantu meringankan rasa sakit seperti di pijat olahraga.

Jika Anda mengalami nyeri di tempat-tempat yang sulit dijangkau, seperti punggung, bahu, atau leher, dapat menerapkan tekanan dengan bola tenis.

Cukup dengan berbaring, dan menempatkan bola di dekat daerah di mana ada rasa sakit, dan berguling-guling. Berbaring selama 1-5 menit, atau sampai otot-otot merasa santai.

5. Mendengarkan musik

Penelitian terbaru dari Perancis menunjukkan mendengarkan musik dapat membantu meringankan intensitas nyeri pada orang dengan nyeri punggung kronis. Namun penelitian lain menemukan bahwa hampir setengah dari pasien kanker yang mendengarkan musik selama 30 menit mengalami penurunan 50 persen dari nyeri.

Hasil studi ini telah dipublikasikan dalam The International Journal of Nursing Studies. Mendengarkan musik dapat membantu mengurangi intensitas nyeri karena dapat mengalihkan perhatian dari rasa sakit daripada berfokus pada nyeri.

6. Latihan fisik

Latihan fisik, termasuk yoga, tai chi, dan berjalan telah menunjukan bukti dapat mengurangi rasa sakit. Penelitian dalam New England Journal of Medicine menemukan pasien dengan fibromyalgia yang melakukan tai chi dua kali seminggu selama 1 jam dan setiap hari selama 12 minggu mengalami penurunan rasa sakit yang signifikan.

Bahkan hanya peregangan selama 10-15 detik dapat membantu meringankan rasa sakit.

Mulailah dengan peregangan daerah yang sakit, seperti duduk untuk meredakan sakit punggung. Tahan peregangan selama 10 detik atau sampai otot merasa santai, dan secara bertahap dibuat hingga 1 menit.

7. Gangguan, Pengalihan Perhatian

Mengalihkan perhatian Anda untuk sesuatu selain rasa sakit. Banyak orang menggunakan metode ini tanpa Menyadari ketika mereka menonton televisi atau mendengarkan radio untuk melepas pikiran dari rasa sakit. Gangguan dapat bekerja lebih baik dari pada obat jika rasa sakit tiba-tiba dan intens atau jika singkat, berlangsung hanya lima sampai 45 menit. Gangguan berguna ketika Anda sedang menunggu untuk obat sakit untuk mulai bekerja.

Jika nyeri ringan, Anda mungkin Mampu mengalihkan perhatian Anda selama berjam-jam. Beberapa orang berpikir bahwa seseorang yang dapat dialihkan dari rasa sakit tidak memiliki sakit parah. Ini tidak selalu benar. Gangguan bisa menjadi cara yang ampuh untuk menghilangkan sementara rasa sakit bahkan yang paling intens.




loading...

Artikel terkait 7 Cara Meringankan Rasa Sakit

cara menghilangkan rasa sakit. cara menghilangkan rasa nyeri. cara meredakan rasa sakit. cara meringankan rasa sakit. teknik untuk mengurangi rasa nyeri. cara mengalihkan rasa sakit. cara menghilangkan rasa sakit dengan pikiran.