7 Cara Agar Udara di dalam Rumah Tetap Bersih



membersihkan udara rumahBanyak penyakit yang disebabkan karena kualitas udara yang buruk. Polusi dan allergen paling banyak terdapat dalam udara bebas di luar rumah tetapi polutan dan alergen yang berasal dari dalam rumah pun banyak macamnya terutama jika kebersihan rumah kurang terjaga.

Lakukan tips-tips berikut ini untuk menjaga agar udara dalam setiap ruangan dirumah menjadi bersih dan dapat mencegah berbagai macam masalah kesehatan seperti asma, alergi dan COPD

1. Bersihkan perabotan rumah sesering mungkin terutama di dapur dan toilet. Bagian rumah lainnya yang paling banyak dilewatkan yaitu debu diatas eternit rumah. Debu dari luar akan masuk dari celah genteng dan mengendap di atas eternit, terutama jika jalan di depan rumah dilewati banyak kendaraan bermotor. Bersihkanlah secara berkala supaya tidak mengganggu kesehatan.

2. 85% penyakit CPOD (Penyakit paru obstruktif kronis) di Amerika disebabkan oleh rokok. Perokok aktif maupun pasif sama-sama dirugikan dalam hal kesehatan. Masih sulit menghentikan kebiasaan merokok salah satu anggota keluarga anda merokok sebaiknya sarankan untuk merokok diluar rumah.

3. Kurangi bahan-bahan kimia. Gunakan cairan pel, pembersih kaca, detergen, pemutih pakaian, pewangi pakaian, parfum dan bahan-bahan kimia lainnya secukupnya saja termasuk penggunaan pewangi ruangan juga sebaiknya tidak digunakan. Menurut Len Horovitz, M.D. Spesialis paru-paru dari Lenox Hill Hospital, New York, jika ingin udara yang lebih bersih maka bersihkanlah rumah dengan baik, bukan dengan menyembunyikan udara yang tidak bersih dengan parfum atau pewangi ruangan.

4. Kontrol hewan peliharaan. Bagi pecinta binatang seperti kucing, anjing, burung berkicau, hamster, reptil atau apapun itu perhatikan kebersihannya dan jaga agar bau yang mungkin ditimbulkannya tidak mengganggu kebersihan udara dalam rumah.

5. Rajin-rajinlah mengganti sarung bantal dan sprei untuk menghindari tungau, meskipun tungau tidak terlihat tetapi bagi penderita alergi, keberadaan tungau akan sangat mengganggu.

6. Jika memungkinkan gunakan alat pembersih udara : air filters atau AC yang mempunyai kemampuan membersihkan udara. Jika tidak terpaksa sebaiknya jangan menggunakan kipas angin karena kipas angin dapat membuat debu-debu berterbangan.

7. Bersihkan rumah dari jamur. Periksa di setiap sudut rumah terutama yang lembab dan kurang cahaya. Jika menemukan jamur segera bersihkan. Jika ada di tembok sebaiknya gunakan cat tembok yang anti jamur.

Tips-tips ini tidak hanya berlaku saat salah satu dari keluarga anda menderita asma, alergi, atau penyakit paru obstruktif kronis (CPOD). Tetapi juga menjadi tindakan preventif dan menjaga kebersihan rumah secara umum.




7 Cara Agar Udara di dalam Rumah Tetap Bersih | mysite | 4.5