Home » Penyakit dan Terapi » 6 Cara Untuk Meredakan Sakit Punggung

6 Cara Untuk Meredakan Sakit Punggung



Seringkali sakit punggung dianggap sepele, sehingga ketika efeknya menyerang akan sangat mengganggu. Masing-masing orang mempunyai beberapa penyebab sakit punggung yang berbeda-beda, setidaknya ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meredakan gejala yang timbul dari sakit punggung.

Berikut ini ada 6 cara yang dapat Anda lakukan untuk meredakan atau menyembuhkan sakit punggung, hal ini seperti yang dikutip oleh FoxNewsHealth:

1. Kompres dingin

Kompres dingin ini dapat Anda coba pada saat mengalami sakit punggung yang pertama kali. Menurut salah seorang ahli bedah saraf, Dr Jason Highsmith, dari Charleston, SC, â??Ketika otot punggung sakit, nyeri biasanya disebabkan oleh jaringan yang meradang. Kompres dingin dapat mengurangi pembengkakan dan ketidaknyamanan.â?

Untuk meredakan sakit punggung dapat melakukan kompres dingin beberapa kali dalam sehari, kurang lebih sekitar 10 menit dan dilakukan rutin sekitar 3 hari.

Menurut seorang professor kedokteran, Dr Jeffrey Katz, dari Brigham and Womenâ??s Hospital, Boston, â??Kompres panas dapat membantu setelah 3 hari. Namun, menggunakan kompres panas terlalu cepat dapat memperburuk peradangan. Mengompres panas beberapa kali sehari, selama 15 menit selama 3 hari dpat meredakan sakit punggung,â?

2. Obat pereda nyeri yang banyak terdapat di pasaran

Bila kompres dingin atau panas tidak dapat mengatasi rasa sakit, maka Anda dapat mencoba menggunakan obat pereda nyeri yang banyak tersedia di pasaran. Pemakaian obat anti inflamasi (NSAID), seperti obat advil dan acetaminophen atau tylenol mampu untuk menghambat jalur kimia yang ada di dalam tubuh yang bisa menyebabkan rasa sakit.

Baca juga :   Flu Singapura Pengertian Pencegahan dan Pengobatan

Sebaiknya ketika mengkonsumsi obat-obat NSAID dilakukan dengan mengkonsumsi makanan, karena konsumsi obat tersebut bisa menimbulkan rasa mual.

3. Krim topical

Krim topical ini merupakan pengobatan alternatif yang dapat digunakan. Krim yang dioleskan pada kulit ini dapat menyebabkan rasa panas atau dingin yang dirasakan oleh ujung saraf, sehingga akan mengumpulkan rasa sakit.

â??Beberapa krim topikal dapat mengiritasi kulit atau menyebabkan kemerahan. Cuci tangan setelah mengoleskan krim tersebut, dan jangan sampai krim tersebut mengenai daerah mata,â? ujar Katz.

4. Latihan fisik ringan

Ketika merasakan punggung sedikit kaku, Anda bisa melakukan sedikit latihan fisik ringan. â??Kegiatan seperti berjalan, bersepeda, dan olahraga air dapat memperbaiki hampir semua otot yang berhubungan dengan masalah dalam tubuh. Olahraga juga dapat merangsang endorfin, sehingga seseorang dapat merasa lebih baik. Hal tersebut dapat membantu mengurangi rasa sakit,â? ujar Katz.

Lakukanlah latihan fisik ringan kurang lebih selama 30 menit dan dilakukan 3 kali dalam seminggu. Hasil dari sebuah riset menunjukkan, jika seseorang selama 4 kali seminggu mengangkat beban maka dapat menurunkan nyeri punggung sebanyak 42%.

5. Kasur baru

Bila Anda merasakan sakit punggung ketika terbangun, mungkin ini pertanda Anda harus mengganti kasur. Setelah usia kasur mencapai 8 atau 9 tahun, maka kualitas dan kenyamanannya menjadi berkurang, sehingga dapat menimbulkan nyeri punggung.

Baca juga :   Pengertian Dan Penyembuhan Sakit Kepala Tension

â??Orang yang menderita sakit punggung secara konstan, kondisinya sering membaik ketika telah mengganti dengan kasur yang baru,â? ujar Todd Sinett.

Kasur yang lebih kaku tidak mesti lebih baik, hal ini sangat berlawanan dengan beberapa kepercayaan. Hasil riset menunjukan bahwa kasur yang terbaik adalah kasur yang memiliki kekakuan sedang.

Banyak sekali produk kasur yang diiklankan oleh dokter atau ahli ortopedi, Anda harus pintar dalam memilih produk karena apa yang ditawarkan tidak selalu benar.

6. Perawatan chiropractic

Jika upaya yang Anda lakukan tidak dapat bekerja dengan baik, Anda dapat mencoba perawatan chiropractic. â??Seorang praktisi kesehatan profesional dapat memberikan bantuan dari otot-otot yang mengalami peradangan kronis, ujar Sinett.

Ketegangan otot dapat terjadi ketika tulang belakang sejajar. Upaya untuk menyelaraskan tulang belakang dapat dilakukan dengan terapi fisik dan terapi chiropractic. Perawatan itu membantu memanipulasi tulang belakang dalam meredakan ketegangan otot. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter tentang perawatan tersebut.

Sinett menambahkan, â??Setelah melakukan perawatan tersebut, seharusnya kondisi sakit punggung dapat mereda dalam waktu 6 minggu. Jika tidak, mungkin perlu dilakukan MRI, yang dapat menentukan apakah nyeri berasal dari sesuatu yang lebih serius, seperti herniated disk.â?




loading...

Artikel terkait 6 Cara Untuk Meredakan Sakit Punggung

cara mengatasi punggung panas. cara mengatasi punggyng panas. cream sakit punggung. mengatasi punggung dingin. minuman punggung sakit. Pantangan makanan untuk sakit punggung.