Home » Tips Sehat » 5 Tips Mendapatkan Tambahan Energi untuk Remaja yang Sibuk

5 Tips Mendapatkan Tambahan Energi untuk Remaja yang Sibuk



remaja aktif

Apa kamu termasuk anak yang sibuk dengan sekolah, ekstrakurikuler, se gudang pekerjaan rumah, les-les privat dan bergaul dengan teman-teman? Pada pagi hari mungkin kita masih merasa segar dan mampu menjalankan semua kegiatan itu tapi kalau sudah sore atau malam kadang kala kita merasa lelah dan letih sedangkan masih banyak hal yang perlu dilakukan. Berikut ini adalah tips-tips yang dapat kamu lakukan supaya tetap berenergi sepanjang hari.

1. Kegiatan banyak harus diimbangi dengan tidur yang cukup

kalau kita tau besok akan ada banyak hal yang harus dilakukan, begadang bukan hal yang bijaksana untuk dilakukan lebih baik pulang dan pergi tidur. Seorang remaja butuh waktu sekitar 8 jam sampai kondisi fisiknya kembali bugar. Kebanyakan remaja hanya tidur 7 jam setiap hari.

jangan khawatir kalau tidur kamu tidak cukup dimalam hari, kalau kamu tidur hanya 7 jam pada malam hari sempat kan untuk tidur siang. Tidur siang cara yang cukup ampuh untuk mengusir rasa lelah

2. Sarapan

meskipun menjelang siang kita bisa pergi ke kantin untuk membeli makanan tetapi tetap saja sarapan lebih penting daripada jajan dikantin bahkan sarapan sangat menentukan performa kita sepanjang hari. Siswa yang sarapan dipagi hari lebih energik dan mampu menerima pelajaran lebih baik dibandingkan dengan siswa yang tidak sarapan pagi. Para peneliti dibidang kesehatan menobatkan sarapan sebagai waktu makan terpenting sepanjang hari. Jadi sebisa mungkin untuk sarapan dengan makanan yang bergizi.

3. Cukup Minum

Kelenjar keringat pada masa remaja sangat aktif mengeluarkan keringat. Kehilangan beberapa persen cairan tubuh bisa membuat kamu jadi lebih lelah dari yang seharusnya. Sempat kan untuk minum kapanpun kamu merasa lelah.

4. Suka permen? Coba ganti dengan yang lain

Sesekali makan permen tidak masalah. Permen memang enak dan mengandung banyak kalori yang bisa mensuplai energi secara instan tetapi perlu diingat bahwa permen hanya mengandung banyak kalori kosong, artinya tanpa nutrisi penting lain. Pilihlah jajan yang mengandung campuran protein sehat, lemak sehat dan karbohidrat. Jajan bergizi selain sebagai penambah energi juga jauh lebih baik dari sekedar permen.

5. Ayo Bergerak!

Ikut kegiatan olahraga yang kamu suka misalnya basket, sepak bola, tenis meja, badminton, voli atau apapun olahraga yang kamu senangi, sempat kan waktu beberapa kali seminggu. Selain meningkatkan kebugaran, olahraga juga bisa berfungi sebagai rekreasi karena olahraga meningkatkan jumlah serotonin dan dopamine – bahan kimia yang dilepaskan oleh otak yang membuat kita merasa lebih baik

 




loading...

Artikel terkait 5 Tips Mendapatkan Tambahan Energi untuk Remaja yang Sibuk

tidur sehat untuk remaja sibuk.