Home » Penyakit dan Terapi » Tips Sehat » 5 Jenis Obat Jerawat Alami

5 Jenis Obat Jerawat Alami



obat jerawatJerawat adalah hal yang sangat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Banyak para penderita yang sampai mengeluarkan biaya yang tak murah, untuk menyembuhkan jerawat. Namun, saat ini banyak yang bisa menjadi alternatif pengobatan yang bisa menyembuhkan jerawat. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menggunkan pengobatan alami. Nah, untuk mengetahui apa saja bahan alami yang bisa membantu Anda melawan jerawat, berikut akan disajikan beberapa jenis bahan alami yang bisa menyembuhkan jerawat buat Anda.

Pengobatan Jerawat Alami

Berikut adalah beberapa obat jerawat alami yang dapat digunakan

1) Minyak pohon teh

Minyak pohon teh adalah obat yang baik untuk menyembuhkan jerawat. Bahan ini merupakan minyak esensial yang dioleskan langsung di jerawat. Minyak pohon teh mengandung konsituen yang disebut terpinen 4 ol, yang berfungsi untuk membunuh bakteri. Mengoleskan minyak ini ke jerawat langsung, diyakini dapat membunuh Propionibacterium acnes, yaitu suatu bakteri jerawat.

2. Diet rendah glisemik

Makanan tinggi glisemik dapat mempengaruhi tingkat hormon insulin, yang berpengaruh dalam peningkatan produksi hormon androgen, dimana hormon ini dapat merangsang perkembangan jerawat. Contoh makanan yang tinggi glisemik adalah makanan manis, seperti permen atau kismis, dan minuman manis, seperti jus dengan ditambahkan gula berlebih.

Daripada memilih makanan tinggi glisemik, memilih makanan rendah glisemik seperti kacang-kacangan, sayur รข?? sayuran dan buah-buahan organik, sereal berserat tinggi, atau roti gandum.

3) Mengurangi Konsumsi Susu

Ada bukti bahwa produk susu dapat menyebabkan jerawat. Susu alami mengandung androgen, yang kita tahu sebelumnya, merupakan hormon pertumbuhan yang dapat merangsang perkembangan jerawat. Menurut sebuah studi The Nurse’s Health Study yang melakukan sebuah penelitian dengan sampel 47.000 perawat telah menunjukkan bahwa sampel yang minum susu lebih banyak saat masih remaja memiliki risiko lebih tinggi terkena jerawat daripada sampel yang mengkonsumsi susu lebih sedikit saat remaja. Meskipun ada produk susu pengganti.

4) Seng

Seng/zinc adalah mineral populer untuk jerawat. Seng dapat ditemui dalam kerang, daging, kacang-kacangan, beberapa jenis makanan laut, sereal atau gandum utuh. Bagi orang dewasa, baiknya mengkonsumsi sebesar 40 mg dan jangan terlalu lebih. Nutrisi lain yang dapat mengurangi jerawat yaitu vitain A, vitamin E, vitamin B dan vitamin C

5) Cuka Sari Apel

Cuka sari apel memiliki sifat antibakteri yang baik untuk mengobati jerawat. Campurkan cuka sari apel dengan air, kemudian campuran itu dioleskan pada jerawat selama 10 menit.




loading...

Artikel terkait 5 Jenis Obat Jerawat Alami