4 Makanan Penting Bagi Ibu Hamil



Pada saat seorang wanita sedang hamil perlu diperhatikan dalam melakukan aktivitas sehari-hari supaya lebih berhati-hati. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengurangi risiko terjadinya keguguran. Saran yang selalu dilontarkan oleh dokter buat ibu hamil ialah â??lakukanlah pola hidup yang sehatâ?. Disamping melakukan olahraga ringan serta istirahat cukup, peningkatan kesehatan ibu hamil juga dapat dilakukan dengan menjalankan pola diet sehat.

Oleh sebab itu, sangat penting sekali bagi ibu hamil untuk selalu menjaga pola makan yang sehat serta mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung manfaat untuk kesehatan tubuh ibu hamil dan juga bayi yang ada dalam kandungan. Berikut ini makanan yang mempunyai banyak manfaat untuk ibu hamil:

1. Sayuran dan buah-buahan

Tingginya kandungan serat yang diserap tubuh membantu untuk meningkatkan sistem pencernaan dan juga membantu menghambat terjadinya sembelit ketika buang air besar. Sangat penting sekali untuk mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C. Bukan rahasia umum lagi jika vitamin C mempunyai peran dan fungsi yang sangat penting dalam meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh supaya janin selalu dalam keadaan sehat. Disarankan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi brokoli, kol, jeruk, apel, dan buah-buahan lain yang banyak mengandung vitamin C.

Baca juga :   Klarifikasi Menkes Mengenai Kondom Untuk Remaja

2. Daging kaya zat besi dan protein

Menurut dokter, setiap harinya ibu hamil memerlukan 27mg zat besi. Zat besi dapat diperoleh dari makanan seperti daging, hati hewan, dan kacang kedelai. Tapi, perlu Anda catat bahwa daging dan hati harus dimasak sampai matang supaya bakteri dan virus yang ada benar-benar mati, sehingga dapat dikonsumsi dengan aman.

3. Mineral kalsium

Kalsium yang cukup sangat dibutuhkan oleh perempuan untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis. Gangguan masalah tulang banyak sekali dikeluhkan oleh ibu hamil. Contohnya, terjadinya faktur atau patah tulang karena struktur tulang yang sudah rapuh.

4. Asam folat

Makanan lain yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh ibu hamil adalah makanan yang mempunyai kandungan asam folat. Bagi perempuan asam folat berguna untuk mencegah anemia, selain itu juga bermanfaat untuk pengembangan sistem saraf untuk janin supaya cepat terbentuk. Adanya penelitian medis menjelaskan bahwa kandungan asam folat banyak terdapat pada makanan vegetarian dan juga hewani. Suplemen asam folat bisa didapat ibu hamil dengan mengkonsumsi sayuran hijau dan juga hati hewan.

Baca juga :   Manfaat Suplemen Ginkgo Biloba untuk Otak dan Organ Reproduksi

Beberapa jenis makanan yang sudah dijelaskan di atas sudah terbukti khasiatnya dalam memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan ibu hamil dan juga membantu untuk mendukung kegiatan fisik ibu dan janin. Disamping itu, ada beberapa hal yang perlu dihindari yaitu tinggalkan kebiasaan buruk, seperti merokok dan minum alkohol, hal ini dilakukan untuk memberikan perlindungan pada janin.




loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *