Home » Tips Sehat » 4 Langkah Mencegah Jerawat Sedini Mungkin

4 Langkah Mencegah Jerawat Sedini Mungkin



wajah bebas jerawatMuka berjerawat disebabkan oleh kotoran dan lemak yang menempel di permukaan kulit ditambah dengan bakteri yang mengiritasi kulit dan mengalami pembengkakan yang terkadang membekas pada wajah saat pembengkakan tersebut usai. Memang hal tersebut sangatlah mengganggu penampilan seseorang bahkan ada yang sangat tidak percaya diri dengan bekas noda jerawat yang ada di wajah.

Sebenarnya banyak metode cara menghilangkan jerawat dari obat-obatan herbal sampai dengan kosmetik penghilang jerawat. Namun alangkah baiknya sedini mungkin kita menjaga muka kita dari jerawat dengan cara sebagai berikut:

#1 Hindari konsumsi makanan berlemak secara berlebihan

Hal ini akan menyebabkan timbunan lemak pada kulit apa lagi jika memang tipe kulit kita adalah kulit berminyak sehingga ketika kotoran yang didapat dari lingkungan menempel pada kulit wajah akan menjadi iritasi dan membengkak yang disebut jerawat. Sebisa mungkin makanlah sayuran, buah-buahan, dan kurangi makanan yang berlemak serta konsumsi air putih secara rutin untuk menjaga kelembaban kulit dari dalam.

# 2 Selalu memperhatikan kebersihan wajah

Baca juga :   Cara Menggemukan Badan Dengan Sehat

Jika kita beraktifitas di luar rumah tentu saja polusi dan kotoran banyak yang menempel di wajah sehingga wajah terlihat kusam dan akhirnya jerawat pun muncul. Memang hal ini tidak bisa kita hindari bagi kita yang dituntut untuk harus beraktifitas diluar rumah, namun kita bisa mengakalinya dengan cara sebisa mungkin memperhatikan kebersihan wajah dengan selalu membilas wajah dengan air bersih setelah beraktifitas. Makin sering maka makin bagus karena air secara langsung mengangkat kotoran yang menempel di permukaan kulit dan memberikan kelembaban wajah dari luar.

Untuk kotoran yang sudah masuk kedalam pori sebaiknya anda perlu memakai pembersih wajah tambahan. Pada malam hari alangkah lebih baiknya anda menggunakan toner untuk membersihkan kotoran dari dalam kulit wajah dan mengangkat sisa-sisa kotoran yang tidak bisa dibersihkan oleh air biasa.

# 3 Olahraga secara teratur

Selain beraktifitas, olahraga juga penting untuk kesehatan kulit wajah. Penelitian di berbagai belahan dunia membuktikan bahwa dengan berolahraga maka keringat yang mengikat kotoran dari dalam kulit akan keluar sehingga wajah orang yang berolah raga rata-rata bersih berseri. Dan setelah olahraga pastinya anda harus membersihkan wajah anda agar kotoran dari keringat tidak kembali menempel pada wajah.

Baca juga :   Apakah Yoga Dapat Menurunkan Stres?

# 4 Ketahui apa saja yang tidak cocok untuk kulit wajah anda

Setiap orang memiliki jenis kulit wajah yang berbeda-beda, untuk itu terlebih dahulu kenali dulu jenis kulit wajah anda sebelum menggunakan macam-macam kosmetik. Terkadang kosmetik sendiri menjadi biang jerawat bagi anda jika kulit anda memang tidak cocok terhadap kosmetik tersebut. Jadi jika anda menggunakan kosmetik perawatan wajah yang sesuai dengan jenis kulit anda maka jerawat bisa dihindari.




loading...

Artikel terkait 4 Langkah Mencegah Jerawat Sedini Mungkin