Home » Info Kesehatan » 3 Kandungan Gizi Dalam Es Krim

3 Kandungan Gizi Dalam Es Krim



Es krim adalah makanan yang banyak digemari oleh orangtua maupun anak-anak. Es krim terkenal dengan rasanya yang lembut dan juga manis.

Es krim adalah salah satu jenis produk susu, yang di dalamnya banyak terkandung nutrisi dan juga vitamin yang dibutuhkan tubuh. Namun, banyak orang yang beranggapan bahwa es krim adalah salah satu penyebab dari kegemukan. Padahal dalam kenyataannya, energi dan lemak yang terdapat pada es krim tiap satu takaran saji kecil sekitar 10% dari jumlah keselurahan energi yang dibutuhkan per hari, serta 15% dari jumlah keseluruhan kebutuhan lemak dalam satu harinya.

Berikut akan dijelaskan 3 kandungan gizi dalam es krim yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas kesehatan Anda, berikut penjelasannya:

1. Kalsium

Di dalam produk susu, kandungan kalsium banyak ditemukan, contohnya pada es krim. Kalsium mempunyai manfaat untuk kesehatan tulang dan kekuatan. Dijelaskan oleh Office of Dietary Supplements, bahwa di dalam tulang dan gigi terdapat 99% kalsium tubuh, ini berguna untuk membantu fungsi serta struktur tubuh pada manusia. Bila dalam sehari tubuh tidak menerima jumlah asupan kalsium yang cukup, maka tubuh akan mengambil kalsium dari bagian tubuh yang lain. Bila secara teratur mengkonsumsi beberapa jenis produk susu atau es krim maka bisa membantu untuk mengurangi  risiko osteoporosis, yang erat hubungannya dengan meningkatnya risiko patah tulang.

Baca juga :   Faktor yang mempengaruhi tinggi badan anak

Manfaat kalsium tidak hanya berperan penting untuk tulang serta gigi, namun juga mempunyai peran yang sangat penting untuk menurunkan berat badan. Adanya sebuah studi menjelaskan bahwa, ada kaitan antara asupan kalsium yang cukup dalam sehari dengan penurunan berat badan serta pencegahan terhadap naiknya berat badan.

2. Protein

Seperti kebanyakan makanan dari produk susu, es krim merupakan sumber yang paling utama dari protein dan juga makronutrien yang berperan penting untuk beberapa bagian tubuh, contohnya seperti otot, tulang, darah, kulit dan tulang rawan. Perlu diketahui bahwa protein mempunyai peran yang penting dalam memperbaiki serta membangun jaringan tubuh pada beberapa bagian tertentu, seperti kuku dan rambut, yang kesemuanya itu terbuat oleh protein.

Tubuh tidak bisa menyimpan protein, oleh sebab itu sangat penting untuk mendapatkan asupan protein dari beberapa makanan dan juga suplemen yang mempunyai kandungan protein. Bila konsumsi es krim dalam jumlah yang sedang, maka dapat dijadikan pilihan makanan yang paling baik untuk mengisi asupan protein di dalam tubuh. Mereka yang rajin berolahraga dapat memanfaatkan es krim untuk membangun serta membantu pemulihan otot setelah latihan.

Baca juga :   Akibat Kekurangan Vitamin B Bagi Kesehatan Tubuh

3. Vitamin

Kandungan vitamin yang terdapat dalam es krim, antara lain vitamin A, vitamin B2, serta vitamin B12. Manfaat dari vitamin A sangat baik untuk kesehatan kulit, kekebalan tubuh, dan metabolisme tulang. Selain itu, vitamin A juga sangat baik bagi kesehatan retina. Sedangkan vitamin B2 dan vitamin B12 sangat baik untuk memecah lemak, karbohidrat, protein, serta untuk metabolisme energi di dalam tubuh. sebaiknya lakukanlah penggantian secara teratur vitamin B karena tubuh tidak dapat menyimpan vitamin ini dan juga vitamin ini akan larut dalam air.

Salah satu yang perlu Anda catat, yakni janganlah mengkonsumsi es krim secara berlebihan. Dan, jangan lupa untuk mengetahui nutrisi yang terdapat dalam setiap es krim dengan melihatnya pada label nutrisi pada kemasan, hal ini untuk meminimalkan atau mencegah risiko kesehatan.




loading...

Artikel terkait 3 Kandungan Gizi Dalam Es Krim

kandungan es krim. kandungan es krim aice. kandungan dalam es krim. nilai gizi dan manfaat es krim. vitamin yg terkandung dalam ice cream. ice cr mengandung kalsium. kandungan es cream.