Home » Penyakit dan Terapi » Wanita » 10 Gejala Kanker Yang Harus Diketahui Setiap Wanita

10 Gejala Kanker Yang Harus Diketahui Setiap Wanita



gejala kanker yang harus diketahui wanitaSemua wanita dimanapun, mereka harus tahu mengenai gejala penyakit yang mungkin mereka akan alami. Banyak dari jenis kanker yang biasanya dapat diketahui dari timbulnya gejala awal. Gejala awal kanker atau penyakit lain, harus diperhatikan dan jangan disepelekan, karena jika diabaikan dan terlambat penanganannya maka akan fatal akibatnya. Bila anda mengalami hal yang tidak normal pada tubuh Anda, segeralah pergi ke dokter. Pastikan gejala itu bukan merupakan gejala awal kanker. Berikut akan dijelaskan beberapa gejala abnormal pada tubuh wanita, yang bisa menjadi gejala awal terjadinya kanker.

1. Nyeri Panggul

Nyeri panggul biasanya diatandai dengan rasa sakit dan tekanan di daerah bawah pusar. Kejadian ini memang sering terjadi hampir setiap bulan, karena merupakan sindrom pramenstruasi. Namun, jika nyeri terlalu, bisa saja itu merupakan tanda kanker ovarium, kanker serviks, kanker tuba fallopi, kanker endometrium atau bisa saja kanker vagina.

2. Pembengkakan dan Kembung Pada Perut

Jika terjadi pembengkakan dan rasa kembung pada perut, bisa saja itu tanda dari kanker ovarium. Biasanya gejala ini sering diabaikan. Jika kembung dan terjadi pembengkakan aneh di perut, segeralah untuk pergi ke dokter.

3. Nyeri bagian bawah punggung

Jika merasa nyeri berlarut pada punggung bagian bawah, dan hal itu tidak hilang atau terus menerus, maka bisa saja itu merupakan gejala kanker. Nyeri pada bagian bawah punggung bisa saja merupakan gejala dari kanker ovarium.

4. Pendarahan pada vagina yang abnormal

Pendarahan pada vagina yang abnormal adalah gejala umum dari kanker ginekologi. Misal pendarahan abnormal adalah pendarahan selama dan setelah berhubungan seks. Gejala pendarahan abnormal pada vagina bisa saja merupakan gejala kanker serviks, kanker rahim, kanker ovarium.

5. Demam yang tak kunjung hilang

Demam yang tak kunjung hilang atau berlangsung lebih dari 7 hari, maka harus pergi ke dokter segera. Demam keras adalah gejala kanker.

6. Perubahan proses pencernaan

Jika Anda mengalami sembelit atau diare berkepanjangan, dan terdapat darah dalam tinja, segera pergi ke dokter. Karena bisa saja merupakan gejala kanker usus besar.

7. Berat Badan Berkurang Mendadak

Kehilangan berat badan 5 kg atau lebih tanpa latihan memang menyenangkan, tapi itu tidak normal. Jadi, pergi ke dokter jika mendapati berat badan hilang secara signifikan tanpa latihan atau olahraga.

8. Kelainan jalan lahir

Jika terjadi kelainan jalan lahir, Anda harus bisa mengetahui setiap perubahan yang diakibatkan oleh luka, atau perubahan warna kulit. Setiap wanita  harus mengecek kebersihan dan keadaan vaginanya agar terhindar dari kanker atau penyakit lain di organ tersebut.

9. Perubahan Payudara

Jika terjadi nyeri berkepanjangan atau perubahan puting, bentuk, terjadi kemerahan, ditemukan benjolan pada pemeriksaan sadari.

10. kelelahan

Kelelahan yang berlebihan merupakan salah satu gejala kanker. Setiap jenis kelelahan yang terjadi tidak normal, maka perlu dievaluasi oleh dokter.




loading...

Artikel terkait 10 Gejala Kanker Yang Harus Diketahui Setiap Wanita

perut keras. perut bagian bawah keras. perut bawah keras. perut terasa keras. penyebab perut keras pada wanita. penyebab perut bengkak dan keras. perut bawah keras kenapa.